Author Topic: Konsep berbagi ilmu dan pengalaman di Komunitas ClearOS Indonesia  (Read 91504 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline micro

  • Administrator
  • *****
  • Posts: 660
  • Thanked: 5 times
  • Sukses = kerjakeras+doa+restu orang tua
    • View Profile
    • Andi Micro
Konsep berbagi ilmu dan pengalaman di Komunitas ClearOS Indonesia
« on: Tuesday, 08 November 2011, 11:32:42 »
Banyak orang yang bicara tentang berbagi ilmu, tapi tatacaranya macam-macam. Nah ini adalah konsep umum berbagi ilmu di Komunitas ClearOs Indonesia, supaya dipahami dan dipraktekkan oleh semua anggota.

Komunitas ClearOS Indonesia didirikan dan dibentuk sebagai wadah saling berbagi ilmu tentang Linux ClearOS Indonesia dan Opensource pada umumnya. Sebagai pusat diskusi masalah teknis, pengalaman, dan bahkan tip dan trik tertentu untuk optimalisasi Linux ClearOS.

Perbedaan fungsi Group Facebook COSI dan Forum Diskusi COSI

Komunitas ClearOS indonesia memiliki 2 aset di dunia maya, pertama adalah akun di jejaring sosial (Group Facebook, Fanpage Facebook) dan kedua adalah website dan forum COSI.

Jejaring sosial, digunakan sebagai alat promosi, kabar berita terbaru, acara-acara COSI, koordinasi, dan fasilitas memberitahukan info menarik atau topik tertentu yang ada di forum/website COSI. Jejaring sosial bersifat dinamis dan memiliki jaringan yang luas sebagai sarana berbagi informasi.

Forum diskusi COSI digunakan sebagai sarana berdikusi hal-hal berkaitan dengan teknis instalasi dan konfigurasi Linux ClearOS, dan memuat artikel-artikel sesuai topik-topik yang ada disana. Forum diskusi bersifat luas dan memiliki fitur-fitur khusus yang memudahkan kita dalam berdiskusi ataupun mencari informasi.

Bagaimana cara berbagi ilmu di COSI?

1. Baca dahulu sumber informasi umum seperti ebook Buku Hijau, dasar-dasar jaringan, referensi lain, dokumentasi online, dll

2. Masuk ke forum COSI dan baca-baca postingan terkait masalah teknis anda. Cari ditopik yang sesuai dengan masalah tersebut.

3. Jika dirasa belum ada yang membahas solusinya, buatlah postingan baru. Sesuaikan judul postingan, topik tempat postingan, serta isi postingan disertai data-data penunjang yang cukup.

4. Jika anda membuat tutorial , tip dan trik, atau ingin oprek bareng-bareng tentang suatu konfigurasi yang dirasa banyak manfaatnya di forum COSI, bisa anda beritahukan dan bagikan juga linknya di dinding Group FB COSI agar anggota yang lain dapat mengetahui dan mencobanya.

5. Jika anda memiliki rencana acara berkaitan dengan koordinasi anggota COSI didaerah, berita terbaru seputar linux ClearOS atau tentang komunitas COSI, bisa anda posting di wall Group FB COSI.

6. Jangan lupa untuk membantu anggota lain mencari solusi masalah mereka.

Hal-hal yang seharusnya TIDAK anda lakukan!

1. Posting masalah diskusi teknis di wall Group FB COSI.
Salah tempat dan anda akan cenderung di curigai ingin mencari keuntungan sendiri. Anda akan dianggap hanya ingin memecahkan masalah anda sendiri tanpa mau peduli jika ada anggota lain yang memiliki masalah serupa. Wall FB tidak cocok untuk diskusi karena sifatnya yang cepat berubah. Diskusi teknis yang sudah terpecahkan akan cenderung "tenggelam" dibawah, dan anggota lain yang memiliki masalah sama, akan kembali menanyakannya.
Silahkan berdikusi masalah teknis di forum COSI, dimana semua dokumentasi tertata dengan sangat baik disana.

2. PM masalah teknis ke Admin, Moderator atau anggota-anggota yang memiliki kemampuan lebih, tanpa ijin terlebih dahulu. Sama seperti diatas, anda akan dianggap orang yang egois, hanya ingin mendapat solusi sendiri dengan cara instan.
Admin, moderator, dan anggota-anggota lain memiliki kesibukan dan urusan lain diluar Komunitas, dan sekali lagi Mereka adalah pekerja sukarela, tidak menerima upah sepeserpun untuk mengembangkan komunitas dan membantu anggota lainnya disana. Jadi alangkah teganya, kalo masih dibebebani oleh pertanyaan individu dari anda via email atau PM, terkecuali hal itu adalah konsultasi berbayar atau order pekerjaan.

3. Memaksa anggota komunitas untuk membantu anda. Komunitas ini adalah komunitas terbuka dan sukarela, tidak bisa kita memaksakan seseorang untuk membantu solusi masalah anda. Sikap anda yang akan menentukan apakah banyak orang yang akan membantu anda atau tidak. Solusi tercepat untuk masalah teknis anda adalah menghubungi konsultan IT berbayar, beberapa anggota juga membuka layanan ini.
Dukungan teknis resmi ClearOS Professional & ClearBOX? Hubungi PT.Netsindo Sentra Computama - a ClearCenter Partner